Minggu, 25 November 2007

Nasihat Nabi Tentang Ilmu

Bismillahirrahmaanirrahim

Hanya kepada Allah kita menyampaikan segala pujian, karena hanya Ia yang berhak menerima setiap pujian. Salawat dan salam kita mohonkan untuk Rasulullah SAW, manusia pilihan yang senantiasa berada dalam pemeliharaan-Nya.

Saudara-saudaraku, pada suatu ketika Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Jika aku mendatangi hari baru, yang mana ilmuku tidak bertambah pada hari itu, yaitu ilmu yang membuatku semakin dekat dengan Allah Azza wa Jalla, maka tidak ada kebaikan (berkah) atasku dalam terbitnya matahari pada hari itu." (HR. Imam At-Tabrani).

Pernyataan Nabi SAW ini menyiratkan secara tegas akan pentingnya ilmu bagi seorang hamba Allah. Bahkan, ilmu menjadi indikasi paling awal bagi seorang hamba mengenai kualitas hidupnya setiap hari. Jika seseorang menjalani sebuah hari lalu ilmu pengetahuannya bertambah, dengan catatan ilmu yang diperolehnya semakin mendekatkannya kepada Allah, maka dipastikan bahwa hari yang ia lalui adalah hari yang penuh dengan kebaikan (berkah). Sebaliknya, jika seseorang tidak bertambah ilmu pengetahuannya, padahal Allah masih memberikan kesempatan hidup kepadanya maka hari-hari yang dilaluinya dinilai sia-sia karena tidak memberikan kebaikan apapun bagi dirinya.



Tidak ada komentar: